img

BELAJAR BERDEMOKRASI

Penulis: OSIS | Terbit: 09 Oktober 2021 | Dibaca: 188 kali

YosukeNewsNKRI adalah negara demokrasi yang berarti mekanisme sistem pemerintahannya dengan mewujudkan kedaulatan rakyat atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut. Demokrasi pada prinsipnya adalah menghargai dan menghormati adanya perbedaan. baik dalam mengajukan pendapat, menentukan pilihan dan lain sebagainya. Prinsip tersebut hendaknya dimiliki dan diajarkan sedini mungkin. Oleh sebab itu, diperlukan adanya pendidikan demokrasi baik di lingkungan keluarga, masyarakat terutama sekolah, misalnya melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PPKn) dan organisasi-organisasi kepemudaan.

Salah satu organisasi kepemudaan di lingkungan sekolah yang aktif bergerak di bidang tersebut adalah OSIS. Oleh karena itu, dalam rangka menumbuhkan sifat dan memupuk pengalaman praktis berdemokrasi pada generasi muda terutama pelajar, SMAS K Yos Sudarso Kepanjen mengadakan rangkaian kegiatan seputar demokrasi, yaitu kampanye dan pemilihan ketua serta wakil ketua OSIS masa periode 2021/2022. 

Di tengah masa transisi atau ‘new normal’ karena dampak dari pandemic COVID-19 yang tengah dihadapi masyarakat di Indonesia bahkan dunia ini, SMAS K Yos Sudarso Kepanjen memilih mengadakan rangkaian kegiatan dengan menetapkan dua metode yaitu luring dan daring. Dalam pelaksanaanya, kampanye dilakukan secara daring dan untuk pemungutan suara sendiri dilaksanakan secara luring. Namun, bagi warga sekolah yang berhalangan hadir tetap dapat menyuarakan hak suaranya melalui google formulir yang telah disiapkan oleh panitia. Pemungutan suara yang dilaksanakan pada Senin, 04 Oktober 2020 di SMAS K Yos Sudarso Kepanjen kemarin itu, mendapat banyak antusiasme dan respon positif dari seluruh warga sekolah. Dengan dukungan seluruh pihak, pemilihan tersebut dapat berjalan lancar, luber jurdil dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, serta menghasilkan penghitungan suara sebagai berikut.

 

Nama Pasangan Calon

Jumlah Suara

Kandidat 1

  • Esperanza Yuanita Sri Wijining Kasih
  • Angela Marici Tukan

25 suara

Kandidat 2

  • Agnes Novita Widyanti
  • Vony Margareta

38 suara

Kandidat 3

  • Sherly Leyn Raymond
  • Calestine Yuanita Pitaloka

80 suara

Dari hasil penghitungan di atas dapat disimpulkan bahwa yang terpilih menjadi ketua dan calon ketua OSIS periode 2021/2022 ialah paslon kandidat no. 3 atas nama Sherly Leyn Raymond sebagai ketua dan Calestine Yuanita Pitaloka sebagai wakilnya. Keputusan ini didapat berdasarkan data yang faktual dan akurat sebab dalam penghitungan suara tersebut disaksikan juga oleh masing-masing kandidat paslon, 3 saksi dari perwakilan kelas, seluruh panitia dan pembina OSIS. Oleh sebab itu, dapat dipastikan bahwa penghitungan suara dilakukan secara jujur, adil dan sebenar-benarnya tanpa ada kecurangan dari pihak manapun. 

Adapun rentetan acara lain yang akan dilaksanakan guna memupuk jiwa kepemimpinan dalam diri pasangan calon dan anggota OSIS yang terpilih, seperti LDK dimana nantinya akan dilanjutkan dengan serah terima jabatan oleh OSIS periode sebelumnya kepada OSIS masa bakti 2021/2022 yang diperkirakan akan dilaksanakan akhir Oktober. Dengan terpilihnya pasangan calon ketua, wakil ketua dan anggota OSIS yang baru ini, diharapkan mampu mengemban tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memajukan dan mengharumkan nama sekolah di masyarakat luas dengan prestasi baik akademik maupun non akademik. Go Yosuke, Go, Go Yosuke.