img

DIRGAHAYU RI KE-78

Penulis: Patricia | Terbit: 17 Agustus 2023 | Dibaca: 291 kali

YosukeNewsPada tanggal 17 Agustus setiap tahun diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Banyak di pelosok negeri ini yang sudah memeriahkan HUT RI mulai awal hingga akhir bulan Agustus.

Kemeriahan menyambut HUT RI mulai tampak pada awal bulan Agustus dengan terpasangnya Bendera Merah Putih di tiap sudut rumah. Di beberapa daerah juga terpasang aneka hiasan seperti umbul-umbul, lampu hias, gambar-gambar pahlawan kemerdekaan, spanduk. Ada pula lomba-lomba ringan yang dilaksanakan di berbagai untuk memeriahkan HUT RI, seperti lomba makan kerupuk, lomba membawa kelereng dalam sendok, balap karung, dan masih banyak lagi.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, SMAK Yos Sudarso Kepanjen beserta dengan sekolah katolik kompleks Kepanjen memperingati HUT RI dengan melaksanakan upacara bendera. Upacara diikuti oleh adik-adik dari TKK St. Immaculata, SDK Yos Sudarso, SMPK St. Yoseph serta siswa-siswi SMAK Yos Sudarso Kepanjen. Upacara bendera dilaksanakan pada pukul 07.00 dengan para petugas yang merupakan gabungan dari siswa-siswi SDK, SMPK serta SMAK.

Para peserta upacara memakai seragam kuning hijau khas sekolah masing-masing, sedangkan para Bapak/Ibu Guru memakai pakaian adat dari berbagai daerah, seperti adat Jawa, , Malangan, Bali, bahkan pakaian adat Papua. Hal ini dilakukan demi mendukung program pemerintah untuk melestarikan pakaian adat.

Pada tahun 2023, bangsa Indonesia memasuki usia ke 73 tahun. Mengutip laman Kemensetneg, peringatan HUT RI ke-78 kali ini mengangkat tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Tema ini merefleksikan semangat Bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama untuk mewujudkan Indonesia Maju. Kita sebagai insan pendidikan dapat mengambil peran dengan cara melaksanakan pendidikan sebagai dasar kemajuan Bangsa tercinta.

Merdeka!!!