img

E-PERPUS SMAS K YOS SUDARSO KEPANJEN

Penulis: Robertus | Terbit: 24 Agustus 2021 | Dibaca: 247 kali

YosukeNews- Hallo guys kembali lagi dengan berita-berita yang disajikan oleh Yosuke. Pada kesempatan saat ini Yosuke akan berbagi cerita dan memperkenalkan E-Perpus atau Perpustakaan Digital yang saat ini juga digunakan di SMA Yosuke. Didalam E-Perpus ini terdapat berbagai macam jenis buku dan infomasi lainnya baik fiksi maupun non fiksi. Dengan adanya E-Perpus di sekolah akan lebih mempermudah siswa, guru dan karyawan mencari informasi yang diperlukan. Aplikasi E-Perpus diinstal terlebih dahulu yang terdapat pada playstore di handphone masing-masing.

Sebelum masuk kedalam aplikasi E-Perpus, pastikan admin sudah memberikan akses kepada semua pengguna aplikasi E-Perpus. Kemudian untuk masuk ke dalam aplikasi, siswa, guru dan karyawan diminta untuk memasukkan email dan pasword, dengan menggunakan email sekolah dan pasword yang sudah ditentukan oleh admin E-Perpus. Pada masa pandemi dan PPKM saat ini tidak mempersulit siswa untuk membaca buku dan mencari informasi seputar pembelajaran. Cukup dari rumah kita bisa mencari informasi yang dibutuhkan di perpustakaan digital ini. Keaktifan siswa baik guru dan karyawan dalam membaca dan membuka E-Perpus juga bisa dilihat, terpantau oleh admin. 

Tidak hanya membaca buku, tetapi kita juga bisa meminjam buku dalam batas tempo yang diperlukan, jadi tidak perlu khawatir lagi kalau kita membutuhkan buku tersebut dalam jangka waktu yang cukup panjang. Jika kita lupa mengembalikan buku dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, buku dengan sendirinya akan ditarik kembali oleh admin, karena dalam proses peminjaman sudah di stel oleh admin untuk mengantisipasi buku yang hilang karena tidak dikembalikan. 

Banyak keunggulan dan manfaat perpustakaan digital yang ada disekolah dalam masa pandemi seperti ini, hanya saja masih kurangnya sosialisasi oleh admin untuk menginformasikan E-Perpus kepada semua pengguna karena keadaan pandemi seperti ini. Semoga E-perpus segera tersosialisasikan sehingga semua siswa, guru dan karyawan dapat mengaksesnya di handphone masing-masing. Inilah edukasi yang bisa disampaikan tentang E-perpus di Yosuke, semoga bermanfaat. SALAM SEHAT DAN SALAM YOSUKE!!!