img

Giat OSIS Yosuke

Penulis: OSIS | Terbit: 10 September 2021 | Dibaca: 318 kali

YosukeNewsOrganisasi Siswa Intra Sekolah atau yang kerap kita dengar dengan singkatan OSIS merupakan suatu organisasi resmi terstruktur di tingkat sekolah di Indonesia, di mana umumnya berada pada tingkat SMP dan SMA. Organisasi ini bertujuan sebagai wadah pengembangan diri  dan keterampilan tertentu serta untuk memupuk nilai musyawarah dan kerja sama dalam sebuah kelompok.

Dalam pelaksanaanya, OSIS sebagai jembatan penghubung antara guru dan siswa, ia biasanya bergerak untuk membantu program-program para guru dalam pengembangan peserta didik ke arah positif dan lebih maju di segala aspek kehidupan. Ada pun program-program OSIS juga disusun selaras dengan visi dan misi sekolah serta minat bakat para siswa, sehingga aspirasi, keterampilan, serta kebutuhan para siswa dapat tersalurkan dan terwujud dengan baik. 

    Organisasi Siswa Intra Sekolah selain menjadi wadah dan penghubung juga menjadi pelopor untuk perkembangan dan kemajuan sekolah, lebih-lebih pada saat pandemi COVID-19 yang tengah mewabah di Indonesia bahkan dunia. Tidak bisa dipungkiri karena COVID-19, pembelajaran harus dilakukan secara daring, organisasi-organisasi naungan sekolah lainnya yang biasanya aktif saat ini menjadi lebih pasif, bahkan terlihat vakum. Namun, hal ini hendaknya tidak membuat OSIS melalaikan visi dan misinya untuk terus bangkit dan membantu kemajuan seluruh warga sekolah. 

    Nah, sebagai contoh OSIS yang masih bergerak dan menjalankan beberapa programnya ialah OSIS SMAS K Yos Sudarso Kepanjen. Terbukti dari beberapa kegiatan yang masih bisa dilaksanakan walaupun dilakukan secara daring, seperti : Pelaksanaan program-program dari masing-masing sie, pelaksanaan perayaan kebangkitan Isa Al-Masih yang digabung dengan peringatan hari Kartini, perayaan HUT Sekolah SMAS K Yos Sudarso Kepanjen yang ke-61, peringatan hari kemerdekaan RI yang ke-76 dan program-program lainnya yang akan dilaksanakan OSIS periode tahun 2020/2021 ini. 

    Sama seperti organisasi-organisasi lainnya, untuk mencapai kunci keberhasilan dan terlaksananya program-program yang telah terbentuk itu tentunya tidak mudah. Butuh perjuangan dan dorongan baik dari dalam maupun dari luar. Dorongan dari dalam yang bisa dilakukan oleh para anggota OSIS adalah kerja sama, disiplin, bertanggung jawab dalam setiap tugas dan kewajibannya, bersedia ikut serta dalam musyawarah mufakat, rajin, teliti, dapat dipercaya dan sikap lain yang mencerminkan jiwa kepemimpinan. Untuk dorongan dari luar sendiri tidak lepas dari bimbingan kepala sekolah, para guru dan karyawan, serta dukungan dari seluruh siswa.

    Keuntungan yang bisa kita dapatkan apabila kita bergabung dalam organisasi OSIS, adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki banyak teman dan relasi yang baik dengan para guru.
  2. Minat dan bakat kita dapat tertampung dan terasah dengan baik.
  3. Dapat memupuk jiwa kepemimpinan.
  4. Lebih berani untuk berbicara di muka umum.
  5. Melatih para peserta didik untuk selalu berpikir kritis, kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah.

Dan masih banyak keuntungan-keuntungan lainnya baik di masa kini maupun di masa mendatang yang dapat kita peroleh apabila kita tergabung dalam anggota OSIS. 

    Oleh sebab itu, jangan pernah ragu apalagi takut untuk menjadi generasi OSIS baru di sekolah. Jangan sia-siakan masa sekolahmu hanya untuk membaca buku pelajaran saja, berorganisasi dan memperdalam minat bakat yang kamu punya itu juga sangat penting untuk kehidupanmu baik kini maupun di masa depan. Semua tetap harus seimbang ya Sobat baik prestasi akademik maupun non akademik. Jadi, tunggu apalagi? Salam sehat...