img

HARI ANAK SEDUNIA

Penulis: Dwi | Terbit: 20 November 2021 | Dibaca: 62 kali

YosukeNewsHai sobat Yosuke...Taukah kamu kalau tanggal 20 November diperingati sebagai Hari Anak Sedunia? Hari Anak Sedunia ditetapkan pada tahun 1954. Pada tanggal 20 November 1959, Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Hak Anak. Hari Anak Sedunia mempromosikan kebersamaan internasional, kesadaran di antara anak-anak di seluruh dunia, dan keinginan untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak.

Tanggal tersebut juga ketika PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak pada tahun 1989, yang mulai berlaku pada tahun 1990. Itu berarti Hari Anak Sedunia tahun ini juga menandai 31 tahun sejak konvensi tersebut berlaku. Di berbagai negara, tanggal pengamatan bervariasi, namun 1 Juni dan 20 November adalah tanggal paling populer yang diakui di banyak negara. Tanggal 1 Juni disebut Hari Anak Internasional, sedangkan tanggal 20 November biasanya disebut Hari Anak Sedunia, atau Universal Children’s Day.

Konvensi mengatakan masa kanak-kanak terpisah dari dewasa dan  ini adalah waktu khusus dan terlindungi, di mana anak-anak harus dibiarkan tumbuh, belajar, bermain, berkembang, dan berkembang dengan bermartabat. Konvensi tersebut kemudian menjadi perjanjian hak asasi manusia dan telah membantu mengubah kehidupan anak-anak. Salah satu isi dari Konvensi tersebut setiap anak berhak mendapatkan pendidikan dan harus diperlakukan dengan bermatabat dan hormat.

Untuk Tema Hari Anak Sedunia 2021 adalah  "A Better Future for Every Child" atau "Masa Depan yang Lebih Baik untuk Setiap Anak". Berkaitan  dengan isi  konvensi serta tema hari Anak sedunia disekolah kami SMAK Yos Sudarso Kepanjen telah secara aktif melakukan pembelajaran secara luring yang diawali mulai bulan November ini. Dengan dimulainya pembelajaran tatap muka ini kita berharap dapat secara bertahap mengembalikan lagi semangat belajar mereka untuk meraih masa depan yang baik. Pembelajaran tatap muka akan mengembalikan lagi rutinitas belajar anak-anak, dan anak-anak bisa kembali berkumpul bersama teman-teman mereka disekolah. Ini adalah resep yang manjur untuk menumbuhkan semangat belajar mereka, karena untuk bisa pulih seperti sebelum pandemi mereka perlu dukungan dan kebersamaan dalam belajar. Semoga ini awal yang baik untuk pembelajaran di sekolah kami dan kedepan kita berharap tidak ada lagi pandemi sehingga hak mereka mendapat pendidikan akan terlayani dengan baik.