img

HARI KUNJUNG PERPUSTAKAAN

Penulis: Patricia | Terbit: 14 September 2021 | Dibaca: 120 kali

YosukeNewsSetiap tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan, bertepatan dengan Bulan Gemar Membaca yang jatuh pada bulan September. Kedua peringatan tersebut bertujuan untuk pembiasaan berkunjung ke perpustakaan serta meningkatkan kegiatan membaca. Peringatan tersebut ditetapkan sejak tahun 1995 oleh Presiden Soeharto.

Ada pepatah mengatakan “Membaca Adalah Jendela Dunia”. Dengan membaca, apapun jenis bacaannya seperti buku pengetahuan, novel, berita atau apapun akan menambah manfaat dalam diri seseorang. Membaca dapat mengubah pandangan dan pikiran seseorang mengenai sesuatu. Membaca juga membuat kita bisa mengerti apa yang selama ini belum kita pahami. Kita dapat menemukan solusi atas permasalahan yang sedang kita hadapi dengan membaca. Membaca juga merupakan bentuk penghargaan kita terhadap masa lalu, karena beberapa kejadian masa lalu diabadikan dalam sebuah karya tulis.

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, kini kegiatan membaca dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Banyak informasi yang kita butuhkan telah tersedia dalam berbagai media. Buku merupakan salah satu sumber ilmu dalam bentuk media cetak. Namun tak sedikit informasi yang bisa kita dapatkan melalui media elektronik. Kini perpustakaan pun mulai berevolusi untuk menjawab tantangan global. Seperti yang telah kita ketahui bersama, SMAK Yosuke telah meluncurkan program e-perpus untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang hampir 2 tahun melanda dunia tidak mengurangi semangat warga YOSUKE untuk berkunjung ke perpustakaan. Menurut Bapak Robertus Danang, pustakawan SMAK Yosuke selama proses pembelajaran daring perpustakaan tidak pernah sepi pengunjung. Hal ini tak lain karena perpustakaan juga sebagai tempat untuk belajar bagi para siswa asrama putra Yosuke dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Wajah perpustakaan Yosuke kini mulai berbenah, menuju perpustakaan yang lebih ramah pengunjung. Dengan bangunan fisik dan fasilitas yang baru, Yosuke terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan dan minat baca warga Yosuke.