img

HARI PRAMUKA NASIONAL KE 61

Penulis: Lusiana | Terbit: 14 Agustus 2022 | Dibaca: 178 kali

YosukeNews- Salam Pramuka. Pada hari minggu, 14 Agustus 2022 ini merupakan peringatan Hari Pramuka di Indonesia yang ke-61. Hari ini disebut juga sebagai hari yang diperingati sebagai hari lahirnya Gerakan Pramuka di Indonesia. Melansir dari laman Pramuka.or.id, Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya. Kata “Pramuka” merupakan sebutan bagi Anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain disebut anggota dewasa.

Lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia berdasarkan adanya Kepanduan Nasional yang telah ada sejak tahun 1923. Namun, Gerakan Pramuka Indonesia mulai diresmikan pada tanggal 14 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno.

Siswa-siswi di Yosuke tentunya sudah memasuki anggota penegak yang biasanya diresmikan melalui kegiatan pelantikan anggota penegak di SMAK Yos Sudarso Kepanjen. Gerakan Pramuka yang juga diselenggarakan di Yosuke ini bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan.

Logo Hari Pramuka 2022 tertuang di Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 062 Tahun 2022 tentang Tema dan Logo Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022. Makna dan arti logo Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 tersebut yaitu:

  1. Angka 6 dan 1 merupakan ulang tahun yang ke-61 Angka 6 hasil stilasi dari Kelopak Tunas Kelapa serta angka 1 yang menopang logogram Tunas Kelapa dengan tegak berkesan kokoh.
  2. Terdapat logo type Pramuka.
  3. Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa adalah tema Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022. 

Secara keseluruhan, logo 61 tahun diharapkan dapat membangun citra positif Gerakan Pramuka dengan mewujudkan kapasitas informatika, integritas dan kompetensi komunikasi publik di era digital. 

Kegiatan memperingati Hari Pramuka bisa dijadikan sebagai wadah untuk siswa-siswi Yosuke yang tergabung dalam anggota Pramuka Penegak untuk melakukan kegiatan yang menarik.

Anggota Penegak Yosuke wujudkan tema hari pramuka di tahun ini dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat. Manfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan lebih baik untuk mengembangkan potensi Kalian demi mewujudkan tujuan pramuka.

Semoga Pramuka Penegak Yosuke bisa semakin terlatih dan lebih banyak keahlian untuk bisa bertahan hidup di segala zaman. Salam pramuka.