img

HARI WAYANG NASIONAL 2023

Penulis: Lusiana | Terbit: 07 November 2023 | Dibaca: 173 kali

YosukeNewsPara sobat Yosuke tahukah Anda pada tanggal 7 November ini memperingati hari apa? Hari Wayang Nasional selalu diperingati setiap tanggal 7 November. Di tahun ini Hari Wayang jatuh pada Selasa (7/11/2023). Peringatan Hari Wayang Nasional 2023 diadakan dalam rangka mendorong apresiasi masyarakat terhadap wayang sebagai aset budaya nasional (KBRN, Jakarta). Hal tersebut dengan alasan karena mungkin saat ini banyak anak generasi muda yang kurang tertarik dengan budaya wayang nasional.

Mengutip dari laman Kemdikbud, peringatan Hari Wayang Nasional pertama kali ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Keputusan Presiden Nomor 30 Tahun 2018. Berdasarkan surat Kepres tertanggal 17 Desember 2018 tersebut, pemerintah resmi menetapkan 7 November sebagai Hari Wayang Nasional. Presiden Jokowi langsung menandatangani Keputusan Presiden tentang penetapan di hadapan para perwakilan budayawan, dan seniman di Istana Merdeka.

Penetapan tersebut, juga atas dasar dari UNESCO yang menetapkan wayang sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 7 November 2003. Penetapan tersebut kemudian masuk dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO per tanggal 4 November 2008, dengan kategori Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity yang berjudul The Wayang puppet theater. Alasan penetapan UNESCO tersebut karena wayang adalah seni edipeniadiluhung yang artinya seni selain indah juga mengandung nilai-nilai keutamaan hidup.

Selain itu, penetapan Hari Wayang Nasional berasal dari usulan masyarakat, ekosistem komunitas pewayangan Indonesia melalui Senawangi (Sekretariat Nasional Wayang Indonesia). Usulan tersebut kemudian diteruskan oleh Kemendikbud, Kementerian PMK dan Setneg. Maka dari itu, penetapan Hari Wayang Nasional sebagai momentum puncak kesadaran, persatuan. Serta kecintaan masyarakat wayang Indonesia dalam melestarikan, dan mengembangkannya.

Saat ini, perayaan Hari Wayang Nasional merupakan alat untuk menyatukan, menyadarkan, dan meningkatkan rasa cinta masyarakat Indonesia terhadap salah satu aset budaya nasional ini. Jangan sampai Kita tidak mengenali budaya Kita sendiri, dan akhirnya justru diambil oleh Negara lain. Para sobat Yosuke banyak hal yang bisa kita lakukan untuk ikut memperingati hari wayang ini yaitu antara lain dengan cara mempelajari tentang berbagai jenis wayang di Indonesia, mengunjungi museum wayang, mengikuti atau melihat acara pewayangan, dan memakai twibbon ucapan Hari Wayang Nasional. Marilah sobat Yosuke terus semangat untuk terus mempelajari budaya yang ada di Indonesia salah satunya yaitu Wayang. Go Yosuke.