img

KOMPETENSI SAINS MKKS SMAS KABUPATEN MALANG TAHUN 2022

Penulis: Lusiana | Terbit: 12 Maret 2022 | Dibaca: 486 kali

YosukeNews - Pada bulan Maret 2022 MKKS SMA Swasta Kabupaten Malang telah membuka pendaftaran untuk mengikuti Kompetisi Sains Kabupaten (KSK). Kompetisi Sains Kabupaten (KSK) akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 19 Maret 2022. Kompetisi Sains MKKS SMAS Kabupaten Malang ini bukan berarti seleksi untuk Kompetisi Sains tingkat Kabupaten, sehingga walaupun dalam Kompetisi ini siswa tidak masuk dalam 10 besar peserta tetap bisa didaftarkan dalam Kompetisi Sains tingkat Kabupaten.

Dengan adanya KSK ini diharapkan dapat meningkatkan mutu peserta didik dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mendukung tercapainya pemerataan prestasi. Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pemerataan prestasi, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus di berbagai ajang bergengsi di kancah nasional dan internasional dalam penguasaan bidang sains dan teknologi. Pencapaian prestasi yang maksimal akan menghasilkan juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi dan siap berkompetisi mewakili setiap sekolah pada tingkat selanjutnya.

Setiap SMAS di Kabupaten Malang diberikan kesempatan untuk mengirimkan 3 orang siswa untuk masing-masing bidang mata pelajaran yang akan dilombakan. Bidang Sains yang dilombakan pada Jenjang SMA Swasta dalam KSK MKKS di Kabupaten Malang tahun 2022 yaitu: 

  1. Matematika
  2. Fisika
  3. Biologi
  4. Kimia
  5. Informatika/Komputer
  6. Astronomi
  7. Ekonomi
  8. Kebumian
  9. Geografi

Dengan dibukanya kembali KSK tingkat SMA Swasta oleh MKKS di Kabupaten Malang pada tahun ini, siswa-siswi di SMAS K Yos Sudarso Kepanjen sudah mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut. Siswa-siswi yang sudah ditunjuk untuk mewakili sekolah dalam kompetensi tersebut di setiap bidang mulai belajar ektra untuk dapat mengikuti kompetensi tersebut dengan lancar. Dengan bimbingan para guru yang sesuai dengan bidang yang dilombakan dalam KSK, para siswa-siswi terlihat antusias dan bersemangat untuk mengikuti kompetisi tersebut. Masa pandemi yang masih berlangsung dan pembelajaran daring yang masih diterapkan tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk mengikuti bimbingan bersama di sekolah dengan tetap menerapkan prokes. Harapannya semoga siswa-siswi calon peserta KSK Yosuke dapat meraih juara sehingga dapat membanggakan orang tua dan membawa nama baik sekolah. Semangat terus untuk calon peserta KSK Yosuke.