img

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA

Penulis: Peni | Terbit: 11 Desember 2023 | Dibaca: 304 kali

YosukeNews - Dalam proses pembelajaran di sekolah, peserta didik dituntut untuk memiliki berbagai macam keterampilan dalam belajar. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah berbicara. Keterampilan berbicara merupakan kemampuan dalam menata gagasan dengan logis dan sistematis, kemudian menuangkan dalam bahasa yang sesuai dengan kaidah dan dengan cara pengucapan yang lancar dan jelas.

Berbicara adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran bahasa dan mata pelajaran lain di sekolah. Keterampilan berbicara ini memiliki kedudukan yang penting karena merupakan cerminan kemampuan komunikatif siswa. Kemampuan dalam berbicara ini tidak hanya berperan besar dalam pembelajaran bahasa saja,  tetapi juga berperan penting pula dalam pembelajaran yang lainnya. Keterampilan berbicara pada dasarnya adalah kemampuan untuk mengeluarkan ide, gagasan, atau pikiran kepada orang lain melalui bahasa lisan. Meskipun tampaknya sepele, tetapi berbicara yang merupakan sebuah keterampilan, tidak akan berkembang apabila tidak diasah secara terus-menerus. Dapat disimpulkan bahwa kepandaian berbicara siswa tidak akan berkembang baik tanpa dilatih. 

Salah satu kegiatan yang dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berbicara adalah dengan kegiatan storytelling, berpidato, bermain peran, dongeng, permainan simulasi, dan lain sebagainya. Kemampuan tersebut bisa dilatih dan dituangkan dalam kegiatan pembelajaran ataupun kegiatan lainnya di sekolah seperti dalam kegiatan perlombaan. Dengan begitu siswa tidak hanya belajar mengembangkan kemampuan berbicara saja, tetapi juga dapat menumbuhkan semangat berprestasi bagi siswa. Di SMAS K Yos Sudarso Kepanjen salah satunya, terdapat siswa yang senang dalam melatih dan berkompetensi dalam mengembangkan bakat berbicanya, siswa tersebut yaitu Devasya Azmiranda Virginia dari kelas XI IPS. Sejak menempuh pendidikan di sekolah dasar, Devasya sudah pernah mengikuti perlombaan storytelling, bercerita dengan bahasa Indonesia, bahkan sampai menempuh pendidikan di SLTA, Devasya tetap mengikuti perlombaan seperti lomba monolog dalam ajang FLS2N dan juga lomba storytelling dalam ajang SMA AWARDS. Tidak hanya itu saja, pada tanggal 2 September 2023, Devasya mengikuti lomba Pidato Se-Malang Raya yang diadakan di Universitas Widya Karya Malang. Lomba tersebut diikuti oleh 15 anak perwakilan dari sekolahnya masing-masing. Devasya berhasil mendapatkan juara ke-2 dalam perlombaan tersebut. Devasya merasa senang ketika mengikuti lomba tersebut, dan merasa mendapat banyak ilmu dari para ahli yang menurutnya juga sangat bermanfaat serta menjadi latihan baginya agar bisa mendapat juara terbaik lagi diperlombaan selanjutnya.

Marilah sobat Yosuke, kita juga ikut bersemangat untuk mengembangkan keterampilan berbicara. Dengan melatih kemampuan berbicara, kita akan belajar mengungkapkan ide-ide dengan lebih baik lagi, mendengarkan dengan lebih baik, sampai mengajukan pertanyaan yang tepat saat berdiskusi. Kemampuan komunikasi yang kuat ini akan membantu kita dalam berbagai situasi, baik di tempat kerja, sekolah, maupun dalam membangun hubungan sosial yang lebih baik dengan sesama. Go Yosuke….