img

Motivasi Dasar Prestasi

Penulis: Sr. Renata | Terbit: 02 Oktober 2020 | Dibaca: 316 kali

Kata Bermakna  5

Buku: Bimbingan & Konseling

Yosuke Girls and Boys…..

Hai Guys, kali ini  kita akan membahas tentang “ Motivasi Dasar Prestasi”  Apa itu motivasi ? Menurut seorang tokoh psikologi bernama Ferdinand Foch  mengatakan bahwa senjata yang paling ampuh di dunia ini adalah dorongan jiwa manusia yang terbakar menyala-nyala untuk mencapai tujuan, mengukir prestasi  ini adalah ungkapan tentang Motivasi. 

Guys,

Untuk memperjelas apa itu Motivasi sebagai contoh; dalam pertandingan sepak bola, kedua tim yang bertanding selalu berusaha keras untuk bermain sesuai strategi untuk bisa mengalahkan lawan. Dalam posisi imbang mereka sesegera mungkin mengungguli lawannya. Ketika sudah unggul mereka akan mempertahankan dan mencoba menambah keunggulan. Ketika ketinggalan mereka berusaha untuk menyamakan kedudukan, bahkan membalikkan keadaan. Semua itu dapat terjadi ketika semua pemain “termotivasi” memiliki dorongan jiwa yang berkobar menyala-nyala untuk membuat gol mengukir prestasi itulah motivasi. 

Bagaimana Guys,

Dari contoh diatas berarti dalam diri kita semua memiliki motivasi dorongan jiwa yang berkobar untuk mencapai tujuan. Yang perlu kita refleksikan adalah apakah kita masing-masing menyadari memiliki motivasi yang tinggi? Dorongan jiwa yang berkobar menyala-nyala mencapai tujuan dan berprestasi? Karena yang sering terjadi adalah kita tidak mau punya dorongan jiwa yang berkobar menyala-nyala, kenapa? karena ada LAWAN dari motivasi adalah MALAS dan RENDAH DIRI. Orang yang malas tidak memiliki motivasi jiwanya tidak berkobar dan tidak menyala, pasrah, tidak ada perjuangan bagaimana mungkin dia akan memiliki prestasi? sebagai pesepakbola dorongan jiwa yang berkobar menyala-nyala adalah saat dia berjuang lari secepat-cepatnya mengejar bola dan menendang sekuat-kuatnya bola agar bisa membuat GOL itulah dorongan jiwa yang berkobar menyala-nyala untuk mencapai tujuan dan berprestasi. Sekarang kalian Guys, sebagai pelajar, bagaimana kalian sebagai seorang pelajar mempunyai motivasi yang tinggi? Sudahkah memiliki dorongan jiwa berkobar menyala-nyala untuk memahami materi pelajaran dengan tekun membaca, mengulangi materi ajar, mengingat, mengerjakan latihan-latihan soal sehingga ketika UJIAN bisa menjawab soal dengan benar dan mendapat nilai memuaskan 9 atau 10? Dan seperti profesi sebagai pemadam kebakaran dia memiliki dorongan jiwa berkobar menyala-nyala untuk memadamkan api, dia pantang pulang sebelum padam.

Mari Guys, mengobarkan dorongan jiwa kita masing-masing agar menyala seperti kobaran api sehingga mencapai tujuan dan berprestasi, dengan mengalahkan kemalasan menjadi ketekunan dan kegigihan. Mengalahkan rasa rendah diri menjadi lebih percaya diri. Katakan AKU BISA! AKU HEBAT! AKU MAMPU BERPRESTASI. (Love)