img

PADUAN SUARA YOSUKE BERKREASI UNTUK RAIH PRESTASI

Penulis: Dedy | Terbit: 01 November 2022 | Dibaca: 92 kali

YosukeNewsSalah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMAS K Yos Sudarso Kepanjen (Yosuke) adalah ekstrakurikuler paduan suara. Paduan suara atau kor (dari bahasa Belanda: koor) merupakan istilah yang merujuk kepada ensembel musik yang terdiri atas penyanyi-penyanyi maupun musik yang dibawakan oleh ensembel tersebut. Umumnya suatu kelompok paduan suara membawakan musik paduan suara yang terdiri atas beberapa bagian suara (bahasa Inggris: part, bahasa Jerman: Stimme). Program ekstrakurikuler paduan suara merupakan tempat siswa/siswi untuk belajar dan melatih kekompakan dalam bernyayi secara berkelompok maupun perorangan. Siswa dapat memaknai arti kekompakan dalam keberagaman. Mengembangkan bakat, minat dan kreatifitas siswa di bidang seni suara.

Anggela Marici Tukan siswi kelas XI MIPA Yosuke yang juga ketua OSIS Yosuke, mengutarakan alasan mengapa ia ikut ekstrakurikuler paduan suara. Siswi ADEM Repatriasi yang juga menjadi vokalis band di Yosuke ini berpendapat bahwa lewat ekstrakurikuler paduan suara ia dapat mengenal dan melatih olah suara. Siswi ADEM Repatriasi ini juga menjadi vokalis band yang ada di Yosuke.

Yosuke terus berupaya mengembangkan bakat dan minat siswa salah satunya adalah ekstrakurikuler paduan suara. Paduan suara Yosuke salah satu ekstrakurikuler yang dapat diandalkan, selain selalu menjadi petugas paduan suara saat mendapat jadwal koor di gereja paroki, paduan suara yosuke juga sering mengikuti berbagai kompetisi paduan suara.

Paduan suara Yosuke saat ini sedang bersiap untuk kompetisi paduan suara se-Kabupaten Malang dalam rangka HUT kabupaten Malang yang ke 1262 tahun. Pak Thomas Heppy, S.Ag sebagai pelatih paduan suara Yosuke terus bergiat dengan anggota paduan suara, mereka terus berolah volal, berlatih lagu baru Mars Kabupaten Malang sebagai lagu wajibnya. Pelatih paduan suara yang juga Kepala Sekolah SD ini terus berupaya agar paduan suara Yosuke bisa tampil maksimal, beliau juga menyiapkan bagaimana agar saat pengambilan video nanti suara dan gambar yang dihasilkan bisa bagus. Dalam pengambilan video ini Pak Thom, sapaan akrab Pak Thomas Heppy dibantu oleh Hanfi Madu Wanandi mahasiswa jurusan teknik perikanan di salah satu universitas negeri di Kota Malang, yang juga alumi Yosuke. Terus berkreasi untu raih prestasi paduan suara Yosuke. Go yosuke go go yosuke!