img

PELANTIKAN OSIS MASA BAKTI 2020-2021

Penulis: OSIS | Terbit: 21 Desember 2020 | Dibaca: 684 kali

YosukeNewsCOVID-19 lagi-lagi menjadi alasan utama mengapa beberapa kegiatan yang mengharuskan tatap muka menjadi tertunda, tak terkecuali kegiatan OSIS di SMAK Yos Sudarso Kepanjen. Beberapa agenda yang seharusnya dilaksanakan akhirnya diundur atau bahkan dibatalkan. Salah satu kegiatan yang mengalami perubahan jadwal, yaitu agenda pelantikan pengurus OSIS SMAK Yos Sudarso Kepanjen yang baru. 

Setelah beberapa kali penundaan dari bulan November lalu, pelantikan dan serah terima jabatan dari Pengurus OSIS Masa Bakti 2019/2020 ke Pengurus OSIS Masa Bakti 2020/2021 ini akhirnya sukses dilaksanakan pada Rabu, 16 Desember 2020, pukul 08.00 WIB dengan lancar dan sebagaimana mestinya.

Pelantikan ini dilakukan dengan 2 metode secara bersamaan, yaitu : secara luring, datang ke sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan dan secara daring,  menggunakan google meet serta live facebook. Metode ini dimaksudkan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19, mengingat bahwa virus ini masih merajalela di tengah-tengah kita. 

Apel yang kemudian dilanjutkan dengan pelantikan di Aula SMAK Yos Sudarso Kepanjen ini, dihadiri oleh  Ibu Peni Wigati, S.Pd., selaku wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, Bapak Matoha Mino, S.Pd., selaku wakil kepala sekolah bagian kurikulum, beberapa pengurus OSIS yang baru, kakak-kakak panitia penyelenggara dan tentunya Suster Renata, HK, M.Pd., selaku ketua Pembina sekaligus kepala sekolah SMAK Yos Sudarso Kepanjen. 

Suster Renata, HK, M.Pd. sebagai pembina dalam apel pelantikan dan serah terima jabatan tersebut memberikan amanat yang luar biasa. Dalam amanatnya, beliau sangat berterima kasih kepada pengurus OSIS periode 2019/2020 di bawah pimpinan An. Mario Silvester, atas kinerja dan dedikasi mereka selama menjabat sebagai OSIS SMAK Yos Sudarso Kepanjen. Tak lupa beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Matoha selaku pembina OSIS pada periode sebelumnya, yang telah membantu segala kegiatan OSIS lebih-lebih di masa pandemi COVID-19 ini. 

Pada kesempatan tersebut, Suster Renata menyampaikan harapan dan pesan-pesan kepada pengurus OSIS yang baru di bawah naungan Ibu Peni Wigati selaku, pembina OSIS yang baru, untuk bertindak dan bekerja sesuai dengan tugas dan kewajibannya, meminta agar menggunakan kepercayaan yang diperoleh dengan sebaik-baiknya. Karena disetiap kepercayaan pasti disertai tanggung jawab yang besar. Dan Tanggung jawab yang diberikan hendaknya dilakukan dengan baik agar kepercayaan yang sudah diberikan tidak hilang begitu saja. Suster Renata tak bosan-bosan menegaskan tentang pentingnya kepercayaan. Sebab, kepercayaan merupakan hal yang sangat mahal dan susah untuk didapatkan kembali jika sudah dilanggar. 

Di samping itu, Beliau mengingatkan kembali kepada seluruh peserta apel untuk selalu cerdas baik dalam segi intelektual, emosional maupun spiritual, karena ketiga kecerdasan tersebut yang menjadi kunci pokok untuk menunjang kecerdasan yang lain guna menjadikan putra-putri bangsa semakin cerdas, maju, mandiri dan berkarakter.

Setelah pemberian wejangan, apel pun ditutup dengan doa dan foto bersama. Sesi pemotretan tersebut diawali dengan foto bersama dengan ketua osis yang lama, Mario Silvester; ketua OSIS yang baru, Maria Magdalena Puji Ningtyas; Ibu Peni Wigati, S.Pd.; Bapak Matoha Mino, S.Pd. dan Suster Renata, HK, M.Pd. Untuk sesi kedua dilanjutkan dengan foto bersama panitia penyelenggara dan terakhir foto bersama pengurus OSIS yang baru. 

Tak sampai di situ, sepulang dari acara ketika ditemui oleh tim redaksi, mantan ketua OSIS periode sebelumnya, Mario Silvester mengaku lega setelah serah terima jabatan ini. "Lega dan juga ada sedikit rasa sangat disayangkan karena kondisi yang tak diduga yaitu krisis COVID-19 yang menyebabkan beberapa program OSIS yang penting tidak terlaksana.. Namun terima kasih buat semuanya, kepada Kepala Sekolah, guru pembimbing, dan juga anggota OSIS yang selalu setia menjalankan program dengan sangat baik," ujarnya. Selain menyampaikan ucapan terima kasih, dia juga menitipkan pesan kepada OSIS Periode 2020/2021, "Bangun dan banggakan lah YOSUKE dengan program OSIS yang berkualitas. Jangan berputus asa karena krisis COVID-19, carilah akal, carilah jalan keluar. Go Yosuke."

Pesan dan harapan-harapan yang muncul hendaknya menjadi semangat dan motivasi tersendiri bagi pengurus OSIS periode 2020/2021 ini. Semoga di awal yang baru ini, OSIS SMAK Yos Sudarso, semakin maju dan mampu menjadikan SMAK Yosuke lebih berprestasi lagi kedepannya sesuai dengan visi serta misi yang telah dibuat.