img

PEMERIKSAAN HEMOGLOBIN SISWI YOSUKE

Penulis: Dedy | Terbit: 11 Januari 2024 | Dibaca: 369 kali

YosukeNews - Penjaringan anak sekolah dalam screening pemeriksaan lab. Hb merupakan kegiatan  untuk mengetahui apakah dirinya mengalami anemia atau tidak dengan mengetahui kadar hemoglobin di dalam tubuhnya. Pemeriksaan hb adalah protein yang terdapat dalam sel darah merah yang bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Pemeriksaan Hb digunakan untuk mengukur jumlah hemoglobin dalam darah.

Remaja putri memiliki fase menstruasi tiap satu bulan dan ditambah pertumbuhannya yang pesat, maka dibutuhkan asupan zat gizi kuat dan seimbang. Salah satunya mengandung zat besi (Fe), karena jika tubuh kekurangan Fe dalam darah dapat berisiko terkena anemia atau kurang darah.Hal tersebut dapat mengakibatkan kekurangan hemoglobin dalam darah, karena kurangnya oksigen yang ditransfer ke sel tubuh maupun otak.

 Gejala anemia adalah 5L, yakni letih, lesu, lemah, lelah, dan lalai. Pada anak atau remaja, dapat menurunkan kecerdasan serta prestasi belajar, maka disarankan, siswi SMAS K Yos Sudarso Kepanjen (Yosuke), agar menjaga asupan gizi seimbang. “Utamakan makanan mengandung Fe, seperti daging, ikan, dan sayuran hijau. Kegiatan ini dilakukan oleh tenaga medis dari Puskesmas Kepanjen berlokasi di sekolah Yosuke yang diikuti oleh siswi kelas X tahun Pelajaran 2023/2024 bertempat di ruang kelas X-1 tanggal 10 Januari 2024 jam 09.50 WIB, sebagai bentuk kerjasama antara Yosuke sebagai Lembaga Pendidikan dengan Lembaga lain. Dengan kegiatan ini siswi kelas X diharapkan memiliki nilai hb yang normal agar derajat kesehatan siswi dapat tercapai. Tujuan pemeriksaan hemoglobin sebagai deteksi dini terhadap adanya gejala anemia secara umum. 

Tidak hanya memberikan warna untuk sel darah merah, hemoglobin adalah bagian sel darah merah yang membantu sel darah satu ini mendapatkan bentuk naturalnya, yaitu bulat dan pipih pada bagian tengahnya. Bentuk ini akan memudahkan sel darah merah mengalir dalam pembuluh darah. 

Selain itu, fungsi lain dari hemoglobin adalah membawa oksigen menuju ke semua jaringan tubuh, serta membawa karbon dioksida dari jaringan dan organ kembali pada paru-paru. Inilah sebabnya, menjaga kadar hemoglobin tetap pada angka normal menjadi hal yang sangat penting. 

Mengingat bahwa hemoglobin adalah komponen sel darah merah dengan berbagai fungsi penting, sudah pasti menjadi hal yang penting pula untuk mengetahui kadarnya pada tubuh. Inilah sebabnya, para siswi sebaiknya melakukan pemeriksaan Hb secara berkala. Adapun, manfaat rutin melakukan pemeriksaan Hb adalah: 
1. Membantu diagnosis kelainan Kesehatan
Tes kadar Hb dapat membantu mendiagnosis beberapa kelainan kesehatan, misalnya polisitemia vera dan anemia. Sebab, kedua gangguan kesehatan ini kerap kali tidak menunjukkan adanya gejala dan baru terdiagnosis setelah dokter melakukan pemeriksaan medis, termasuk cek darah lengkap. 
2. Memantau kondisi Kesehatan
Apabila kamu mengidap masalah kesehatan tertentu, terlebih kelainan medis yang memiliki hubungan dengan darah, biasanya dokter akan melakukan tes kadar hemoglobin guna memantau kesehatan kamu. Tak hanya itu, tes kadar Hb juga bisa kamu pakai sebagai sarana untuk mengetahui efektivitas pengobatan yang sedang kamu jalani, sekaligus mengetahui pilihan penanganan yang sesuai terhadap kondisi medis yang kamu alami sampai kamu pulih sepenuhnya. 
3. Cek kesehatan rutin
Cek kadar Hb juga sering menjadi pertimbangan ketika kamu melakukan pemeriksaan kesehatan berkala. Biasanya, tes ini masuk dalam bagian dari tes darah lengkap. Tujuannya yaitu mengetahui apakah ada kondisi yang perlu segera mendapatkan penanganan, misalnya kurang darah atau anemia.