img

PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2022

Penulis: Lusiana | Terbit: 10 November 2022 | Dibaca: 59 kali

YosukeNews – Sobat Yosuke tentunya Kita semua pasti tidak lupa dengan hari ini, tanggal 10 November 2022 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan. Hari Pahlawan tahun ini jatuh pada hari Kamis. Tema Hari Pahlawan tahun ini adalah "Pahlawanku, Teladanku". Tema ini memiliki harapan agar perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat, para peserta didik untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan.

Logo Hari Pahlawan tahun 2022 terdiri dari tiga warna, yaitu merah, putih, dan hitam. Dilansir dalam laman Kemensos, logo peringatan Hari Pahlawan 2022 dominan dengan bentuk kepalan tangan disertai tema, Pahlawanku Teladanku. Logo ini memiliki makna tersendiri, mulai dari melambangkan semangat juang, mempertahankan kemerdekaan, rela berkorban untuk Tanah Air, dan perlawanan untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia.

Menurut Kemensos, penetapan Hari Pahlawan yang diperingati tiap 10 November itu bukan tanpa alasan. 77 tahun yang lalu, tepatnya pada 10 November 1945 terjadi pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris di Surabaya. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan menjadi satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia. Gencatan senjata antara kedua belah pihak dilakukan pada 29 Oktober 1945. Alhasil, keadaan berangsur-angsur mereda. Meskipun begitu tetap saja terjadi bentrokan bersenjata antara rakyat dan tentara Inggris di Surabaya.

Bentrokan-bentrokan tersebut memuncak dengan terbunuhnya Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa Timur yaitu Brigadir Jenderal Mallaby pada 30 Oktober 1945. Kematian Jendral Mallaby ini menyebabkan pihak Inggris marah kepada pihak Indonesia dan berakibat pada keputusan pengeluaran Ultimatum 10 November 1945 oleh Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh, pengganti Mallaby. Ultimatum itu meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA serta ancaman akan menggempur kota Surabaya dari darat, laut, dan udara apabila orang orang Indonesia tidak mentaati perintah Inggris. 

Mereka juga mengeluarkan instruksi yang isinya bahwa semua pimpinan bangsa Indonesia dan para pemuda di Surabaya harus datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945, pukul 06.00 pagi pada tempat yang telah ditentukan. Namun ultimatum itu tidak ditaati oleh rakyat Surabaya, sehingga terjadilah pertempuran besar di Surabaya pada 10 November 1945, selama lebih kurang tiga minggu lamanya. Pertempuran itu mengakibatkan sekitar 20.000 rakyat Surabaya menjadi korban. Sebagian besar korban adalah warga sipil. Selain itu, sekitar 150.000 orang terpaksa meninggalkan kota Surabaya dan tercatat sekitar 1600 orang prajurit Inggris tewas, hilang, dan luka-luka.

Begitu besar pengorbanan rakyat pada saat itu untuk tetap mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu, sangat penting untuk Kita dapat mengambil makna dan teladan dari peristiwa tersebut. Dalam memperingati Hari Pahlawan, setiap orang dapat memberikan kontribusi bagi bangsa sesuai kemampuan, keahlian, dan keterampilan masing-masing tanpa harus dengan mengangkat senjata. Seperti yang sudah dilaksanakan oleh warga sekolah di SMAS K Yos Sudarso Kepanjen, pada hari ini warga sekolah di SMAS K Yos Sudarso Kepanjen mengadakan kegiatan upacara bersama untuk memperingati Hari Pahlawan. Warga sekolah menggunakan pakaian bertema perjuangan dalam kegiatan upacara dan pembelajaran. Para pelajar Yosuke seharusnya juga dapat memaknai tema peringatan Hari Pahlawan kali ini untuk meneladani semangat perjuangan para pahlawan. Meneladani para pahlawan dapat diwujudkan dengan semangat untuk mengembangkan potensi pada masing-masing peserta didik. Menumbuhkan kesadaran dan semangat untuk belajar dengan giat merupakan kunci kesuksesan bagi para peserta didik di masa depan. Untuk para siswa-siswi ”Singkirkan segala bentuk halangan yang membuat Kalian menunda untuk menuju kesuksesan di masa depan”. Terus semangat untuk siswa-siswi Yosuke.