img

PERINGATAN HARI POM-TNI

Penulis: Lusiana | Terbit: 11 Mei 2022 | Dibaca: 421 kali

YosukeNewsTanggal 11 Mei diperingati sebagai Hari POM-TNI. Sudah tahukah Anda apa yang dimaksud dengan POM-TNI?

POM-TNI adalah singkatan dari Polisi Militer Tentara Nasional Indonesia. POM-TNI bertugas melaksanakan penegakan hukum, melakukan penyelidikan kriminal dan pengamanan fisik, melaksanakan penyelidikan, menegakkan kedisiplinan dan tata tertib militer, melaksanakan pengawalan protokoler kenegaraan, melakukan penyelenggaraan SIM TNI serta mengendalikan lalu lintas militer, mengurus tawanan perang, interniran perang, dan tahanan yang berada di dalam operasi militer.

Intinya, POM-TNI bertugas mendukung tugas utama militer dalam menegakkan kedaulatan negara dan POM-TNI berada di bawah komando Panglima TNI.

POM-TNI memiliki sejarah yang cukup panjang. Awalnya POM-TNI disebut sebagai Tentara Keamanan Rakyat (TKR). TKR ini terbentuk pada 5 Oktober 1945. Pada saat itu anggota TKR terdiri dari masyarakat yang memiliki beragam latar belakang. 

Pada Desember 1945, markas tinggi TKR memberi instruksi untuk membentuk polisi tentara. Seiring berjalannya waktu, tepat pada 22 Juni 1946, Presiden Soekarno akhirnya meresmikan satuan polisi tentara yang saat ini merupakan POM-TNI.

Sebelum berada di dalam satu kesatuan seperti saat ini, dulunya kepolisian tentara tidak berada di dalam satu komando. Namun, pada November 1947, Polisi Tentara dengan Badan Kepolisian Tentara yang lain melakukan pembicaraan yang membawa mereka pada penghapusan badan Kepolisian Tentara dan digantikan oleh Corps Polisi Militer berdasarkan penetapan nomor: A/113/1948 yang dikeluarkan oleh Presiden/Pertahanan Ad Interim pada 20 Maret 1948.

CPM memimpin Corps Polisi Militer Jawa dan Sumatera. Namun, kembali terdapat perubahan. Pada 31 Mei 1950 Corps Polisi Militer Jawa dan Sumatera dihapuskan dan diubah menjadi CPM yang markasnya berada di wilayah Jakarta.

Pada 28 November 1950, ditetapkan tujuh Batalyon Polisi Militer Indonesia. Setelah terjadi pemisahan antara POLRI dan Organisasi TNI, berdasarkan keputusan nomor Kep/1/III/2004 26 Maret 2004, penyelenggaraan tugas serta fungsi Kepolisian Militer di wilayah TNI dilaksanakan oleh POM-TNI dan berada di bawah Komando TNI.

Perjalanan panjang serta tanggung jawab besar yang dipegang oleh POM-TNI ini akhirnya sampai pada diperingatinya Hari POM-TNI yang diperingati setiap tahun tepatnya pada tanggal 11 Mei.

Hari POM-TNI diperingati dengan tujuan menghargai besarnya tanggung jawab dan peran yang diemban oleh para POM-TNI.

Hari ini juga menjadi momentum yang tepat bagi Kita khususnya warga di SMAK Yos Sudarso Kepanjen dan semua orang untuk mempelajari lebih lanjut hal lain yang belum diketahui dari POM-TNI ini.

Para siswa Yosuke Apa yang bisa Kalian lakukan untuk turut memperingati Hari POM-TNI ini?

Salah satu caranya Kita bisa menambah pengetahuan tentang POM-TNI dengan membaca sejarah tentang kehadiran serta peran mereka untuk Indonesia. Dengan mengenal siapa mereka dan peran mereka, Kita bisa menghormati para pasukan POM-TNI. 

Cara lain yang bisa Kita terapkan adalah dengan berterima kasih kepada pasukan POM-TNI atas jasanya untuk menjaga keamanan serta melindungi masyarakat salah satunya melalui media sosial.

Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Kita warga Yosuke tentang sejarah POM-TNI dan juga asal usul dibalik hari peringatan yang jatuh pada tanggal 11 Mei ini.

Selamat Hari POM TNI 11 Mei 2022. Semoga jaya selalu dan selamat bertugas melindungi masyarakat Indonesia.