img

PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-62

Penulis: Lusiana | Terbit: 14 Agustus 2023 | Dibaca: 278 kali

YosukeNews - Pada hari ini Senin, tanggal 14 Agustus 2023, semua anggota Gerakan Pramuka yang ada di seluruh Indonesia merayakan peristiwa penting dari organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang telah genap berusia 62 tahun. Mengutip laman Kwarnas Gerakan Pramuka, peringatan Hari Pramuka berawal dari munculnya gerakan pendidikan kepanduan di Tanah Air pada 1912. Saat itu, sebuah kelompok pandu di Batavia memulai latihan kepanduan dan menjadi cabang dari Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO). Dua tahun kemudian, cabang tersebut berdiri secara sah dan dinamai Nederlands-Indische Padvinders Vereeniging (NIPV) atau Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda yang sebagian besar anggotanya adalah keturunan Belanda.

Pada 1916, berdiri organisasi kepanduan yang sepenuhnya merupakan pandu-pandu bumiputera. Adalah Mangkunegara VII, pemimpin Keraton Solo yang membentuk Javaansche Padvinders Organisatie. Pada perkembangannya, kepanduan Indonesia kemudian terpecah menjadi 100 organisasi yang tergabung dalam Persatuan Kepanduan Indonesia (Perkindo). Namun, jumlah perkumpulan kepramukaan di Indonesia tidak sebanding dengan jumlah anggota perkumpulan.

Presiden Soekarno bersama Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang saat itu merupakan Pandu Agung kemudian menggagas peleburan berbagai organisasi kepanduan dalam satu wadah. Pada 20 Juli 1961, para wakil organisasi kepanduan Indonesia mengeluarkan pernyataan di Istana Olahraga Senayan, untuk meleburkan diri ke dalam organisasi Gerakan Pramuka. Sehingga disebut sebagai Hari Ikrar Gerakan Pramuka. Setelah itu pada 14 Agustus 1961, Gerakan Pramuka diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat luas dalam upacara di halaman Istana Negara. Sejak saat itu, tanggal 14 Agustus kemudian ditetapkan sebagai Hari Pramuka Nasional yang dirayakan seluruh Pramuka setiap tahunnya.

Tema peringatan Hari Pramuka tahun 2023 ini adalah "Sumber Daya manusia yang Profesional dan Proporsional". Sebagaimana tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 068 Tahun 2023 tentang Logo 62 Tahun Gerakan Pramuka. Selain mencantumkan tema, SK tersebut juga menetapkan logo peringatan 62 Tahun Gerakan Pramuka. Logo yang memadukan warna ungu, putih, dan kuning tersebut terdiri dari beberapa unsur, yakni angka 6 dan angka 2 yang merupakan angka ulang tahun ke-62. Angka 6 hasil stilasi dari Kelopak Tunas dan angka 2 yang menopang Logogram Tunas menjadi satu kesatuan yang kokoh. Lalu terdapat logotype 'Pramuka' dengan huruf kapital berwarna putih. Unsur terakhir yakni tema Hari Pramuka 2023 yang divisualisasikan dengan dua konsep berbeda. Bagian pertama "Sumber Daya Manusia" dicantumkan dengan huruf normal berwarna kuning, sedangkan bagian 'Yang Profesional dan Proporsional dicantumkan dengan huruf kapital berwarna putih.

Tema "Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional" mempunyai makna pentingnya pengembangan diri yang berkelanjutan. "Profesional" menunjukkan komitmen Pramuka untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan yang berkualitas, sehingga anggota Pramuka siap menghadapi tantangan zaman modern dengan percaya diri dan kompetensi yang kuat. "Proporsional" mengajak anggota Pramuka untuk menciptakan keseimbangan antara pengembangan diri, tanggung jawab sosial, dan kontribusi pada masyarakat.

Peringatan hari Pramuka akan lebih meriah dan bermakna lagi jika diperingati dengan mengadakan berbagai kegiatan menarik untuk siswa-siswi. Seperti di Yosuke dan seluruh kompleks Kepanjen yang telah mengadakan kegiatan upacara bersama dan kegiatan lomba-lomba untuk pramuka siaga dan penegak dengan pramuka penggalang sebagai panitia lomba. Kegiatan lomba juga dapat diselenggarakan tidak terlepas dari kerja keras Kakak-Kakak Pembina di Yosuke dan kompleks Kepanjen. Seluruh siswa-siswi dan para guru terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan hari ini. Semoga dengan mengikuti kegiatan pramuka, seluruh siswa-siswi di Yosuke dan seluruh kompleks Kepanjen semakin banyak belajar hal baru, bertemu banyak orang, serta dapat menghadapi berbagai tantangan tanpa harus takut dihakimi saat melakukan kesalahan. Dengan dikelilingi sesama anggota pramuka yang saling mendukung, anak jadi lebih berani, percaya diri, dan berempati. Salam Pramuka.