img

PERINGATAN HARI TOLERANSI INTERNASIONAL

Penulis: Patricia | Terbit: 17 November 2021 | Dibaca: 142 kali

YosukeNewsHari Toleransi Internasional diperingati pada tanggal 16 November setiap tahunnya. Hari Toleransi Internasional merupakan salah satu kesempatan untuk merayakan dan menghargai keragaman dan toleransi. Adapun sejarah Hari Toleransi Internasional dimulai ketika pada tahun 1995, UNESCO memperingati 125 tahun kelahiran Mahatma Gandhi. Toleransi adalah sikap yang mulia dalam menghadapi keberagaman dan persatuan hanya akan muncul jika kita mengakui dan menghormati perbedaan.

Bagi Indonesia yang merupakan negara multikultural dengan beragam suku bangsa, budaya, adat istiadat dan agama, toleransi sangat penting dan memiliki makna yang sangat mendalam. Di Indonesia ada enam agama yang diakui secara nasional, yaitu Kristen Protestas, Islam, Kristen Katolik, Hindu, Budha dan Konghuchu. Menurut sensus BPS tahun 2010, terdapat 1.340 suku bangsa yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Selama bertahun-tahun masyarakat Indonesia mampu hidup rukun dan damai karena dilandasi sikap toleransi. 

Toleransi sudah didengungkan oleh para pendiri bangsa sejak jaman dahulu kala. Semboyan “Bhineka Tunggal Ika” menjadi bukti bahwa para pendiri bangsa sudah menjadikan toleransi sebagai landasan bangsa. Toleransi merupakan modal penting dalam mewujudkan pertumbuhan dan pembangunan dalam negeri. Dengan adanya peringatan Hari Toleransi Internasional ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi bagi setiap masyarakat untuk menumbuhkan toleransi pada sesama. Di mana setiap perbedaan yang ada pada manusia merupakan karunia Tuhan yang harus dihormati dan dihargai. Bertepatan dengan peringatan ini, diharapkan dapat mengajak semua masyarakat untuk saling menghargai dan saling memahami.