img

PIDADA DAN KORAL

Penulis: Nungky | Terbit: 06 November 2021 | Dibaca: 50 kali

YosukeNewsHai sobat Yosuke..ketemu lagi dan update dengan berita-berita baru dari kami yaa…Kali ini kita membahas tentang Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang diperingati setiap tanggal 5 November di Indonesia. Apa dan Siapa sih yang menciptakan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional itu? Yuks langsung kepoin...

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional pertama kali digagas oleh Presiden ke-2 RI, Soeharto. Presiden Soeharto kala itu mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional. Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional diharapkan dapat menjadi dorongan untuk membangun kecintaan masyarakat pada flora dan fauna. 

Pada perayaan kali ini mengangkat tema Keanekaragaman Puspa  dan Satwa Aset Dasar Pemulihan Ekonomi Nasonal, Pidada yang mempunyai nama lain Sonneratia Alba terpilih sebagai puspa HCPSN 2021. Pidada adalah salah satu jenis tumbuhan mangrove yang terdapat di wilayah pesisir. Ternyata buah dari tumbuhan Pidada ini dapat dikonsumsi dan biasanya oleh orang Jawa timur digunakan sebagai sirup sedangkan oleh masyarakat Maluku digunakan untuk bumbu memasak ikan. Untuk daun muda Pidada bisa dikonsumsi dengan cara direbus atau dilalap. Karena banyak kegunaan maka Pidada termasuk tumbuhan pioneer berperan penting dalam membentuk ekosistem mangrove yang mendukung ketahanan iklim. Sementara itu, koral yang memiliki nama latin Acropora suharsonoi merupakan jenis endemik yang jarang ditemui, biasa hidup di lereng terumbu dengan kedalaman lebih dari empat meter. Jenis itu hanya dapat dijumpai di sekitar Kepulauan Bali dan Lombok.

Nah, itu dia penjelasan dari Perayaan HCPSN 2021 pada tanggal 5 November 2021 ini ya Sobat Yosuke. Jadi diharapkan warga Yosuke juga bisa ikut melestarikan Puspa dan Satwa disekitar kita, tetapi sementara ini di Lingkungan Sekolah Yosuke masih ada Puspa saja yang bisa kita lestarikan yaitu Bunga Anggrek yang saat ini sedang bermekaran dengan berbagai jenisnya dan yang pasti sangat mempesona. Berharap nanti SMAK Yosuke bisa memelihara satwa misalnya burung, ikan atau yang lainnya di lingkungan sekolah kita agar terlihat semakin indah dan nyaman untuk mendukung kegiatan belajar. Okey sobat Yosuke sekian dulu ya info dari kami semoga selalu semangat dan salam sehat untuk kita semua.