img

SAFETY RIDING EDUCATION FOR SENIOR HIGHT SCHOOL SMAS KATOLIK YOS SUDARSO KEPANJEN

Penulis: Lusiana | Terbit: 13 Agustus 2021 | Dibaca: 246 kali

YosukeNews – Pada  umumnya anak SMA zaman sekarang pergi ke sekolah dengan menggunakan sepeda motor, mengingat sepeda motor adalah moda transportasi pribadi yang sangat populer di Indonesia. Seperti yang terlihat di kawasan SMAK Yos Sudarso Kepanjen.

Kebanyakan anak-anak setiap hari pergi ke sekolah dengan menggunakan sepeda motor. Namun perlu diketahui bahwa dalam penggunaan sepeda motor perlu adanya skill dalam berkendara dan mencari aman agar anak-anak dapat berkendara dengan aman dan selamat. Maka dari itu Pihak Kepolisian dan Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim mengadakan webinar tentang ”Safety Riding Education For Senior Hight School SMAS Katolik Yos Sudarso Kepanjen”. Maksud dan tujuan dari webinar ini antara lain:

  1. Menyampaikan/Sosialisasi UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
  2. Untuk terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.
  3. Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas.
  4. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan disiplin lalu lintas.

Webinar ini juga diadakan dengan dilatarbelakangi oleh adanya peristiwa laka lantas yang terjadi saat ini. Di tahun 2019 terjadi 116.411 kecelakaan lalu lintas, di tahun 2020 mengalami penurunan karena di masa pandemi tidak terlalu banyak orang-orang yang melakukan mobilitas di luar ruangan dengan adanya pembatasan aktivitas masyarakat. Namun angka kecelakaan lalu lintas masih diatas 100.000 dan parahnya lagi 75% kendaraan yang terlibat adalah sepeda motor terbanyak terjadi pada usia 14-39 tahun. Dahulu edukasi seperti ini dilakukan secara langsung dengan anak-anak di dalam kelas, namun karena saat ini terjadi masa pandemi maka edukasi dilakukan secara online. Dengan adanya edukasi seperti ini harapannya anak-anak tidak menjadi korban kecelakaan lalu lintas serta dapat berkendara dengan aman dan nyaman. 

Di dalam webinar ini, anak-anak juga diberikan kuis dengan diberikan doorprize untuk 3 siswa terbaik. Tiga anak yang mendapat doorprize berupa hadiah uang Rp 50.000 yaitu Magda, Adela, dan Edo. Selamat untuk anak-anak yang mendapatkan doorprize. 

Semoga dengan adanya webinar ini, semua siswa di Yosuke dapat memahami cara berkendara dengan aman, nyaman, dan selamat. ”Tanpa keselamatan, hal-hal berharga dalam hidup tak dapat kita temukan”. Semangat terus untuk siswa-siswi di Yosuke.