img

SELAMAT HARI IBU

Penulis: Lusiana | Terbit: 22 Desember 2023 | Dibaca: 226 kali

YosukeNews – Sobat Yosuke Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember.  Hari Ibu menjadi momentum perayaan untuk mengapresiasi peranan seorang ibu dalam keluarga. Dirangkum dari berbagai sumber, sejarah Hari Ibu di Indonesia bermula dari penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia pertama di Yogyakarta pada 22 Desember 1928. Peringatan Hari Ibu sebenarnya sudah dilakukan sejak era pemerintahan Presiden Sukarno. Pada saat itu sebagian besar komunitas merupakan bagian dari organisasi pemuda pejuang pergerakan bangsa.

Atas prakarsa para perempuan pejuang pergerakan kemerdekaan pada 22-25 Desember 1928, diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia. Salah satu hasilnya adalah dengan terbentuknya organisasi federasi yang mandiri dengan nama Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI). Melalui PPPI, terjalin kesatuan semangat juang kaum perempuan untuk bersama kaum laki-laki berjuang meningkatkan harkat dan martabat. Terutama untuk bangsa Indonesia untuk merdeka, dan berjuang bersama-sama kaum perempuan. Selain itu juga untuk menjadikan perempuan Indonesia maju. Namun, di tahun 1929 Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI) berganti nama menjadi Perikatan Perkoempoelan Istri Indonesia (PPII). Kemudian, tahun 1935 diadakan Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta. Di samping berhasil membentuk Badan Kongres Perempuan Indonesia, kongres tersebut juga menetapkan fungsi utama Perempuan Indonesia.

Sebagai Ibu Bangsa, yang berkewajiban menumbuhkan dan mendidik generasi baru yang lebih menyadari dan lebih tebal kebangsaannya. Setelah itu, pada tahun 1938 Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung menyatakan bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Selanjutnya, di tahun 1946 Badan ini menjadi Kongres Wanita Indonesia disingkat KOWANI yang terus berkiprah sesuai aspirasi dan tuntutan zaman.  Peristiwa besar yang terjadi pada tanggal 22 Desember tersebut, kemudian dijadikan tonggak sejarah bagi Kesatuan Pergerakan Perempuan Indonesia. 

Tahun 2023 ini merupakan peringatan Hari Ibu yang ke-95. Peringatan Hari Ibu di Indonesia tidak sekadar dimaknai sebagai perayaan mother's day secara umum. Lebih dari itu, perayaan Hari Ibu dapat dimaknai sebagai momen penting bagi penghargaan dan penghormatan terhadap seluruh perempuan atas peran, dedikasi, serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

Dalam rangka perayaan momen spesial ini, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) telah merilis tema dan logo resmi Hari Ibu 2023 yaitu "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju". Tema ini diusung sebagai panggilan untuk mengapresiasi kontribusi para perempuan Indonesia untuk kemajuan bangsa dalam berbagai aspek kehidupan.

Sobat yosuke banyak cara yang bisa Kita lakukan untuk merayakan peringatan hari ibu, dengan mengungkapkan rasa sayang kepada ibu melalui berbagai perayaan. Salah satunya dengan memberikan berbagai ucapan kasih sayang atau kado, menghabiskan waktu bersama seharian dengan ibu supaya lebih berkesan jika kamu menghabiskan waktu bersama dengannya, mengadakan piknik bersama dengan melibatkan seluruh anggota keluarga untuk merayakan hari ibu, memasak untuk ibu, dan lain sebagainya. Membuat ucapan Hari Ibu juga bisa diekspresikan dengan berbagai cara, contohnya dengan menggunakan Twibbon Hari Ibu 2023 atau membuatnya dengan desain sesuai keinginan. Selamat hari Ibu 2023.