img

Selamat Ulang Tahun ke 77 Indonesiaku

Penulis: Patricia | Terbit: 17 Agustus 2022 | Dibaca: 130 kali

YosukeNewsPada hari ini, bangsa Indonesia memasuki usia 77 tahun. Pembacaan teks proklamasi dilakukan pada 17 Agustus 1945, pukul 10.00 WIB, di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta (saat ini Jalan Proklamasi No. 5 Jakarta Pusat). Teks proklamasi dibacakan oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama Bangsa Indonesia.

Kemerdekaan merupakan impian yang sangat didambakan bagi setiap negara, terutama bagi negara dijajah oleh negara lain. Begitu pula bagi bangsa Indonesia, proklamasi kemerdekaan merupakan lambang bahwa Indonesia merupakan negara yang merdeka. Oleh sebab itu Indonesia dihormati oleh negara-negara lain sebagai bangsa dan negara. Indonesia juga memiliki hak, kewajiban serta kedudukan yang sederajat dengan negara merdeka lainnya.

Kemerdekaan Indonesia bukanlah hadiah dari Jepang, tetapi merupakan buah dari perjuangan seluruh bangsa selama puluhan bahkan ratusan tahun. Diawali dengan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda dan seluruh rakyat Indonesia bertekad untuk bersatu, berjuang melawan penjajah. Hingga akhirnya setelah kekalahan Jepang pada perang dunia kedua, para pemimpin bangsa Indonesia mulai mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Hingga akhirnya tanggal 17 Agustus 1945 dipilih oleh para tokoh sebagai tanggal kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Tema HUT RI tahun 2022 adalah Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Tema ini diambil dengan harapan agar seluruh komponen bangsa Indonesia bisa bangkit dari peristiwa yang telah terjadi selama dua tahun, yakni pandemi COVID-19. Kita sebagai pelajar juga diharapkan mampu pulih dari keterpurukan proses pembelajaran selama pandemi, dan bangkit kembali dengan semangat yang membara untuk mempersiapkan masa depan yang gemilang. 

HUT RI ke 77.

Go Yosuke!