img

SIMULASI EVALUASI HASIL BELAJAR BERBASIS KOMPUTER DAN SMARTPHONE (EHB-BKS) KELAS XII DI SMAS K YOS SUDARSO KEPANJEN

Penulis: Lusiana | Terbit: 10 Maret 2021 | Dibaca: 212 kali

YosukeNews - Penilaian akhir kelas XII di SMAS K Yos Sudarso Kepanjen untuk menentukan kelulusan pada tahun-tahun sebelumnya dilakukan melalui ujian sekolah dan ujian nasional. Namun di masa pandemi ini penentuan kelulusan tidak lagi menggunakan Ujian Nasional. Sekolah diberikan wewenang untuk menentukan kelulusan siswa kelas XII melalui penugasan, tes secara daring, portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap, dan prestasi sebelumnya, serta kegiatan penilaian lain yang ditetapkan satuan pendidikan.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menetapkan Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone (EHB-BKS) pada Tahun pelajaran 2020/2021 untuk pemetaan mutu pendidikan SMA negeri dan swasta di Jawa Timur. EHB-BKS diselenggarakan oleh sekolah berdasarkan arahan Dinas Pendidikan Jatim dalam bentuk ujian yang digelar satu sampai tiga sesi per hari secara daring di sekolah maupun di rumah. 

Pada hari ini Rabu 10 Maret 2021 diadakan simulasi EHB-BKS bagi siswa kelas XII di SMAS K Yos Sudarso Kepanjen. Simulasi diadakan di laboratorium komputer dan ruang kelas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta dilakukan dengan jumlah siswa maksimal setengah dari kapasitas kelas. Semua siswa dibagi dalam 3 ruang dan bisa menggunakan hp ataupun labtop dalam kegiatan simulasi ini. Kegiatan simulasi ini bisa berjalan dengan lancar tidak terlepas dari kerja keras proktor/pengendali server dan teknisi sekolah yaitu Pak Matoha, S.Pd dan Pak Y. Suwanto.

Simulasi ini diadakan dengan tujuan agar siswa bisa memahami pelaksanaan EHB-BKS dan bisa mengikuti serta mengerjakan soal dengan lancar. Kegiatan ini sangat penting pula karena memberi kesempatan kepada siswa untuk mengetahui kesiapannya menghadapi EHB-BKS. Dalam kegiatan simulasi ini para siswa diberikan soal umum dan yang perlu diperhatikan yaitu siswa harus memahami menu-menu yang terdapat dalam aplikasi soal EHB-BKS. Dengan berlatih mengerjakan soal pada aplikasi khusus EHB-BKS, siswa dapat terhindar dari kesalahan saat pengisian jawaban dan evaluasi berlangsung.

Para siswa terlihat antusias saat mengikuti simulasi EHB-BKS pada hari ini. Semoga para siswa kelas XII nantinya dapat mengikuti kegiatan EHB-BKS dengan lancar dan memperoleh hasil yang memuaskan, sehingga dapat membanggakan orang tua dan sekolah. Semangat terus untuk siswa kelas XII Yosuke.