img

Tahukan anda? Apa itu “SISMINPAN”

Penulis: Matoha, | Terbit: 27 Oktober 2021 | Dibaca: 125 kali

YosukeNewsSISMINPAN adalah singkatan dari Sistem Adminstrasi Gugus Depan, yang dalam hal ini berupa aplikasi “Online” (www.admingudep.com) dalam kegiatan Kepramukaan yang dirancang oleh Tim Kerja Kepramukaan Majelis Nasional Pendidikan Katolik (TKK MNPK). Untuk dapat mengakses aplikasi “SISMINPAN”  syaratnya adalah Gugus Depan sudah terdaftar sebagai member dengan cara melakukan registrasi secara Online untuk mendaftar sebagai gugus depan baru. Cara registrasinya cukup mudah, hanya perlu memiliki E-mail untuk gugus depan yang valid dan aktif, kemudian memasukkan data-data gugus depan sesuai dengan isian data yang diminta.

Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi sisminpan meliputi : 

  1. Pengaturan Data Anggota (Siaga, Penggalang,Penegak, Pandega, Anggota Dewasa)
  2. Kontrol kemajuan Syarat Kecakapan Umum dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK / SKU) pada anggota gugus depan
  3. Keaktifan anggota pramuka dalam Gugus depan dan kegiatan-kegiatan pada tingkat yang lebih tinggi.
  4. Presensi semua kegiatan Anggota dalam dengan sistem manual dan juga model scan kartu Radio Frequency Identification (RFID)
  5. Cetak ijasah kepramukaan
  6. Administrasi kegiatan rutin gugus depan (Presensi, Daftar kegiatan)
  7. Daftar Inventaris gugus depan
  8. Cetak Piagam SKU / SKK

Di Gugus Depan “Yos Sudarso”, yang berpangkalan di SMAS K Yos Sudarso Kepanjen, sejak tahun 2017 sudah melaksanakan adminstrasi gugus depan dengan menggunakan aplikasi SISMINPAN. Sehingga sudah bisa merasakan betapa efisiennya dalam penggunaan aplikasi dan penerapan bagi anggota pramuka “Yos Sudarso” baik dalam konteks kegiatan rutin mingguan maupun even-even yang diadakan oleh TKK Keuskupan Malang, maupun TKK MNPK tingkat Nasional.  Harapan kita semua semoga Pramuka SMAK Yos Sudarso Kepanjen tetap berkarya dengan semboyan “Satyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan”.