img

YOSUKE‌ ‌BERSAMA‌ ‌RUMAH‌ ‌BELAJAR

Penulis: Matoha, | Terbit: 21 September 2021 | Dibaca: 118 kali

YosukeNews - Merdeka Belajar merupakan sebuah paket kebijakan dari Kemendikbud untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kebijakan Merdeka belajar ini bisa berjalan dengan maksimal tentunya jika didukung oleh inovasi dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti saat ini sudah tentu pemanfaatan TIK ini menjadi hal yang wajib dilakukan guna terlaksananya pembelajaran yang berkualitas.

 

Dengan adanya pandemi COVID-19 telah memaksa seluruh pihak stakeholder pendidikan mau tidak mau harus bisa memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran untuk mendukung program Belajar Dari Rumah.

Para Guru SMAK YOS SUDARSO KEPANJEN sedang berusaha untuk tetap mampu memberikan pelayanan pembelajaran kepada siswa yang sedang belajar di rumah. Dalam beberapa minggu ke depan para guru diharapkan mampu menguasai teknologi dan aplikasi yang dapat membantu siswa belajar secara. Rumah Belajar hadir untuk membantu para stakeholder Pendidikan untuk tetap dapat memberikan layanan pembelajaran dari Rumah maupun Pembelajaran Tatap Muka Langsung. Pembelajaran juga harus menyenangkan bagi semuanya sesuai dengan tujuan Merdeka Belajar. Dengan portal Rumah Belajar dan aplikasi pembelajaran lainnya diharapkan bisa memberikan kemerdekaan bagi semuanya sehingga terwujudlah sebuah keadaan “Merdeka Belajar bersama Rumah Belajar”.

Portal Rumah Belajar merupakan salah satu laman pembelajaran yang di dalamnya terdapat beragam konten dan aktivitas pembelajaran. Rumah Belajar dapat diakses melalui alamat http://belajar.kemdikbud.go.id

Terdapat 4 (empat) fitur utama di Rumah Belajar, yaitu: Sumber Belajar, Kelas Maya, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Serta terdapat 7 fitur pendukung, yaitu: Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Edugame, dan Blog Pena.

Me refresh kembali tentang kebijakan Merdeka Belajar yang bercita-cita menghadirkan Pendidikan bermutu tinggi bagi semua rakyat Indonesia, yang dicirikan oleh angka partisipasi yang tinggi di seluruh jenjang pendidikan, hasil pembelajaran berkualitas, dan mutu Pendidikan yang merata baik secara geografis maupun status sosial ekonomi.

Berkaitan dengan guru, Kebijakan Merdeka Belajar akan mengubah paradigma guru sebagai informasi semata menjadi guru sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar. Dalam hal pedagogi, Kebijakan Merdeka Belajar akan meninggalkan pendekatan standarisasi menuju pendekatan heterogen yang lebih paripurna memampukan guru dan murid menjelajahi khasanah pengetahuan yang terus berkembang. Murid adalah pemimpin pembelajaran dalam arti merekalah yang membuat kegiatan belajar mengajar bermakna, sehingga pembelajaran akan disesuaikan dengan tingkatan kemampuan siswa dan didukung dengan beragam teknologi yang memberikan pendekatan personal bagi kemajuan pembelajaran tiap siswa, tanpa mengabaikan pentingnya aspek sosialisasi. Sampai ketemu di pembelajaran berbasis digital bersama “RUMAH BELAJAR”. Semoga “Yosuke” mampu mengemban amanat pendidikan yang telah diprogramkan demi kemajuan pendidikan di Nusantara yang kita Cintai.