img

PEMBELAJARAN MENYENANGKAN

Penulis: Dedy | Terbit: 17 September 2024 | Dibaca: 134 kali

YosukeNews - Belajar tentunya menjadi hal yang wajib bagi para pelajar. Tetapi, tidak hanya para pelajar saja yang wajib melakukan aktivitas tersebut. Seoarang guru pun diharapkan juga masih tetap dan terus belajar diharapkan dapat maksimal dalam mendampingi murid dalam proses belajarnya. Tentunya sebagai murid dituntut untuk belajar lebih giat lagi agar dapat berhasil meraih cita-citanya.

Semua keberhasilan yang ingin dicapai memerlukan proses, tak terkecuali belajar bila ingin belajar kita berhasil maka perlu strategi agar belajar tersebut bisa efektif, dan prosesnya tidak membosankan alias menyenangkan. Cara belajar efektif dan menyenangkan mutlak diperlukan, agar nantinya dapat memberikan hasil yang sangat maksimal. Faktanya, memang semua orang mampu melakukan aktivitas belajar. Hanya saja yang menguasai cara belajar efektif dan efisian lah yang mampu menyerap hasil belajar lebih baik. Bagaimana proses pembelajaran di kelas dapat efektif dan menyenangkan ? Tentunya peran seorang guru lah yang menetukannya. Guru harus dapat memfasilitasi setiap murud di kelasnya agar dapat mengembangkan kompetensi dan potensinya sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Seorang guru harus dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar setiap murid dapat terlayani dengan baik. Salah satu cara agar pembelajaran dapat berjalan efektif dan menyenangkan adalah memnafaatkan berbagai aplikasi pembelajaran yang telah tersedia di gogoole antara lain menggunakan Quizziz, Blooket dan Kahoot.

Quizziz adalah platform digital berdasis gamifikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan Pendidik dalam menyelenggarakan pembelajaran dan asesmen yang interaktif dan menyenangkan untuk Peserta Didik. Quizizz dapat membantu berbagai aktivitas pembelajaran Anda dengan: 1) Penyediaan lebih dari 30 juta aktivitas seperti kuis, pelajaran, dan lembar kerja yang dibuat dan telah digunakan oleh Pendidik lainnya. 2) Membuat ataupun mengedit asesmen yang baru maupun yang sudah ada. 3) Konten tersedia untuk semua tingkatan sekolah. Materi yang Anda buat di Quizizz juga dapat diakses oleh Pendidik ataupun Peserta Didik dari berbagai perangkat dan Anda juga bisa mendapatkan data laporan dari asesmen yang Anda buat ataupun gunakan. Manfaat lain menggunakan Quizizz dengan Akun belajar. (Akun belajar.id)

Blooket adalah platform kuis berbasis web. Blooket menyediakan mode permainan yang menarik. Blooket dapat dimainkan secara individu maupun kelompok. Kuis blooket dapat dijadikan sebagai pekerjaan rumah tergantung pada jenis permainan yang dipilih. Blooket mengubah paradigma peserta didik belajar. Blooket mengedepankan pengalaman belajar yang jauh lebih menyenangkan. Dengan menciptakan pengalaman tersebut dengan berbagai konten di dalamnya, peserta didik mempelajari informasi bahkan tanpa menyadarinya. (Kompasiana.com)

Kahoot adalah sebuah platform pembelajaran berbasis permaian, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Platform ini adalah permainan pembelajaran, "Kahoots", adalah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat diakses melalui penjelajah web atau aplikasi Kahoot. Kahoot, bisa digunakan untuk meninjau pengetahuan peserta didik, sebagai penilaian formatif atau sebagai pengistirahatan dari kegiatan kelas biasa. Kahoot, juga termasuk kuis trivia,  trivia adalah kumpulan benda, informasi, fakta, dan sebagainya yang tidak penting. Dalam penggunaan bahasa Indonesia (Wikipedia Indonesia)

Salah satu guru di SMAS K Yos Sudarso Kepanjen (Yosuke) yang sudah menggunakan quizziz, blooket, kahoot dalam proses pembelajaran adalah Pak Ignatius Bendu Riza Putra Legawa. S.Pd., M.M., guru mata pelajaran ekonomi. Pak Putra menggunakan berbagai aplikasi ini untuk penyampaikan materi pembelajaran dan juga untuk penilaian pembelajaran. Pak Putra mengatakan ”anak-anak merasa senang dalam pembelajaran, mereka tidak bosan dan membuat anak-anak lebih aktif saat pembelajaran. Pembelajaran sepertinya cepat, karena anak-anak asik saat belajar”. Selin, siswi kelas X mengungkapak jika ia senang belajar saat Bapak atau Ibu Guru menggunakan media pembelajaran, khususnya media yang di buat oleh Pak Putra. Saat belajar ekonomi senang dan tidak bosan. Yosuke terus berupaya memfasilitasi agar Bapak dan Ibu Guru dapat terus belajar TIK agar dapat dengan mudah mengakses berbagai aplikasi di google untuk pembelajaran yang lebih menyenangkan. Go Yosuke go go Yosuke!