img

KOMPETISI SAINS SMA TINGKAT KABUPATEN

Penulis: Patricia | Terbit: 22 Maret 2022 | Dibaca: 406 kali

YosukeNewsKompetisi Sains Nasional (KSN), yang dulu dikenal dengan sebutan Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah ajang kompetisi dalam bidang sains yang rutin diadakan setiap tahunnya. Pesertanya adalah para siswa SD, SMP dan SMA serta yang sederajat di seluruh Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek).

Para siswa harus diseleksi ditingkat sekolah, Kabupaten dan Propinsi sebelum mengikuti KSN. Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Swasta (MKKS Swasta) Kabupaten Malang mengadakan Kompetisi Sains tingkat Kabupaten (KSK) bagi sekolah-sekolah swasta pada Sabtu, 19 Maret 2022 bertempat di SMA Islam Kepanjen. Kegiatan yang diikuti oleh 687 siswa perwakilan dari 57 SMA swasta se-Kabupaten Malang ini sebagai seleksi ditingkat Kabupaten. Para pemenang nantinya akan bersaing kembali dengan pemenang dari SMA Negeri yang juga mengadakan kegiatan serupa. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Ibu Ani Saulina, M.Si., hadir untuk membuka kegiatan ini. Dalam sambutannya, Ibu Ani mengatakan bahwa Kompetisi Sains ini merupakan awal yang baik dalam meraih prestasi dalam bidang Sains.

Bidang study yang lombakan dalam KSK ini adalah Informatika, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Geografi, Kebumian dan Ekonomi. SMAK Yosuke mengirim 17 siswa-siswi terbaik sebagai delegasi sekolah dalam kegiatan ini. Siswa-siswi ini telah berproses bersama para pembina selama beberapa waktu untuk mempersiapkan kegiatan bergengsi ini. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan siswa semakin tangguh dan dapat meningkatkan jiwa persaingan yang sehat. 

Pada kegiatan ini, salah satu siswi perwakilan Yosuke meraih juara 1. Laurencia Cindy, siswa kelas XI IPS menjadi juara 1 bidang study kebumian. Ilmu kebumian atau geosains merupakan kumpulan cabang-cabang ilmu yang mempelajari tentang bumi. Cabang ilmu ini menggunakan gabungan ilmu fisika, geografi, matematika, kimia dan biologi untuk membentuk pengertian kuantitatif dari model lapisan-lapisan bumi (https://artsandculture.google.com/entity/m0dcz2?hl=id). Keberhasilan Cindy meraih juara 1 juga tak terlepas dari bimbingan dan pendampingan dari Ibu Lusiana Handayani, S.Pd., selaku guru geografi. Semoga keberhasilan ini memicu semangat siswa-siswi yang lain untuk berlomba-lomba dalam meraih prestasi. 

Yosuke semakin jaya.

Go Yosuke!!!