img

PKKS YOSUKE 2021

Penulis: Matoha, | Terbit: 26 November 2021 | Dibaca: 213 kali

YosukeNewsBerbeda dengan tahun 2020 yang lalu bahwa PKKS dilaksanakan secara DARING. Kali ini bersamaan dengan hari guru yang ke 76 tahun, tepatnya pada Hari Kamis, 25 November 2021, berlangsung pula secara luring PKKS 2021 di SMAS K Yos Sudarso Kepanjen. Barangkali masih banyak kalangan yang belum mengetahui apa arti istilah PKKS yang dimaksud.

PKKS singkatan dari (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan di setiap Provinsi di seluruh Indonesia untuk semua jenjang pendidikan (TK, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi) yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

Tujuan dari diadakannya PKKS ini salah satunya adalah untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi pada sekolah yang dipimpin.

Kepala Sekolah sebagai pimpinan tertinggi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah. Adapun standar minimal prosedur tugas Kepala Sekolah dapat digolongkan menjadi tujuh pokok sebagai berikut :

  1. Kepala Sekolah Sebagai Pendidik (Edukator).
  2. Kepala Sekolah Sebagai Manajer.
  3. Kepala Sekolah Sebagai Administrator.
  4. Kepala Sekolah Sebagai Supervisor (Penilai).
  5. Kepala Sekolah Sebagai Leader (Pemimpin).
  6. Kepala Sekolah Sebagai Inovator.
  7. Kepala Sekolah sebagai Motivator.

Aspek PKKS diantaranya komitmen terhadap tugas, pelaksanaan tugas, dan hasil kerja. Adapun kompetensi yang dinilai hanya terfokus pada bidang manajerial, bidang kewirausahaan dan bidang supervisi guru dan tenaga kependidikan. Kegiatan PKKS tahun ini dilakukan  oleh pengawas dari Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur, Cabang Kabupaten Malang. Berkenan hadir sebagai penilai yaitu Ibu Titi Setyaningwati, S.Pd. M.Si dan bapak Mokh. Agung S. S.Pd. , M.Pd.

Kegiatan PKKS dilaksanakan dengan protokol kesehatan masa Pandemi Covid-19, dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. diawali dengan doa dan kemudian dilanjutkan acara sambutan oleh Sr. Renata, HK. M.Pd. selaku kepala sekolah SMAS K Yos Sudarso Kepanjen dan dilanjutkan dengan kegiatan inti, tim pengawas menilai satu per satu aspek yang menjadi poin penting dalam penilaian.  Kegiatan ini berjalan cukup lancar. 

Diakhir acara Ibu Titi Setyaningwati, S.Pd., M.Si menyampaikan pesan bahwa bukti fisik itu hukumnya wajib ada. Jika ada yang belum sesuai, maka dilakukan revisi sesuai kondisi yang ada di sekolah. Kedepannya nanti Beliau juga siap untuk senantiasa mendampingi dalam proses penyempurnaan isi yang ada pada masing-masing bukti fisik.

Dilanjutkan dengan pesan dari bapak Mokh. Agung S. S.Pd. M.Pd. Beliau menyampaikan sangat puas dengan hasil kinerja dan kekompakan tim SMAS K Yos Sudarso dalam menyiapkan bukti fisik PKKS.

Harapan kami dari Keluarga Besar SMAS K Yos Sudarso Kepanjen bisa meningkatkan kualitas sekolah dan memberikan hasil yang terbaik sesuai yang diharapkan.